03
OCT
2019

SYSTEM AND SPATIAL DYNAMICS MENINGKATKAN KUALITAS RISET DAN ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Bertempat di Laboratorium Komputasi dan Multimedia Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana dilaksanakan Pelatihan Sistem Dinamik dalam dimensi filosofi, teori, dan penerapan (praktik dan studi kasus). Materi Pelatihan meliputi: Sistem Dinamik dan Spasial Dinamik. Pelatihan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana, merupakan tindak lanjut dari kerjasama atas dasar MoU antara Universitas Udayana yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Udayana (Prof. Dr. dr. A. A. Raka Sudewi, Sp., S (K)) dan Pimpinan System Dynamics Center Dr. Irman Firmansyah pada bidang penelitian, pelatihan, pusat data, dan lisensi software. Kerjasama ini bertujuan untuk bersama-sama memenuhi kebutuhan mahasiswa, dosen, peneliti, dan praktisi dalam mendukung penelitian-penelitian tentang Sistem Dinamik. Pelatihan diawali dengan penandatanganan teknis implementasi dari kerjasama antara Koordinator Prodi Agribisnis dan System Dynamics Center (SDC).

Pimpinan (SDC), menyampaikan rasa syukur serta bangga dapat menjalin kerjasama dengan Universitas Udayana, dan menyampaikan kerjasama ini tidak hanya terbatas pada laboratorium, tetapi juga mengembangkan beberapa program yang telah ada pada SDC, seperti: One Portal Repository for System Dynamics Research (satu website untuk kumpulan hasil-hasil penelitian mengenai sistem dinamik) dan program kerjasama bidang penelitian, pelatihan, pusat data serta lisensi software. Lebih lanjut disampaikan, bahwa perkembangan beberapa tahun terakhir dimana kebutuhan akan pendalaman pemahaman dan praktek mengenai Sistem Dinamik sangat tinggi dan pesat dengan penyebaran peserta yang hampir merata dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya kerjasama ini, maka pelatihan-pelatihan dapat langsung diselenggarakan oleh laboratorium Prodi Agribisnis di Kampus Universitas Udayana Denpasar, sehingga mempermudah jangkauan bagi peminat sistem dinamik di Bali dan Kawasan Timur Indonesia. Harapannya peran laboratorium ini juga dapat mempermudah praktik mahasiswa S1, S2, dan S3 dalam MOU UNIVERSITAS UDAYANA analisis data dan mempercepat kelulusannya, khususnya bagi penelitian dengan operasional sistem dinamik. Selanjutnya laboratorium ini dapat dikembangkan terus dengan aplikasi-aplikasi terkait dan terkini sehingga pendalaman sistem dinamik untuk visualisasi pemetaan diperdalam dengan spasial dinamik, agar hasil simulasi lebih komunikatif untuk melihat penggunaan lahan maupun penyebaran berbagai hal dimasa yang akan datang.

Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, MS., dalam sambutan pembukaan pelatihan mengungkapkan “perguruan tinggi termasuk Fakultas Pertanian Universitas Udayana harus selalu membuka mata pada teknologi atau metode analisis yang terus berkembang. Kerjasama dalam optimalisasi laboratorium ini menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas riset kita di bidang sistem dinamik dan analisis pengambilan keputusan lainnya. Dalam kesempatan ini juga saya ingin membuka cara pandang tentang sistem dinamik yang selama ini mungkin dianggap sebagai metode analisis yang sulit. Sistem dinamik sebenarnya merupakan sebuah metode analisis yang cukup fleksibel dan dapat diterapkan pada berbagai bidang, bukan hanya bidang-bidang tertentu. Saya berharap semoga peserta pelatihan juga dapat menepis pemikiran-pemikiran yang menganggap sistem dinamik adalah analisis yang berat, sebenarnya anggapan-anggapan itu muncul karena terbatasnya pemahaman mengenai sistem dinamik. Semoga dengan adanya kerjasama antara Universitas Udayana dan System Dynamics Center ini dapat membantu kita semua untuk lebih memahami sistem dan model dinamik”. dengan adanya kerjasama antara Universitas Udayana dan System Dynamics Center ini dapat membantu kita semua untuk lebih memahami sistem dan model dinamik”.

Pelatihan yang berlangsung tanggal 22-28 Februari 2019 diikuti oleh 24 orang peserta terdiri atas Mahasiswa Pascasarjana (S3), Dosen, Peneliti, dan Praktisi, masing-masing berasal dari: Universitas Udayana, Undiksha (Singaraja), UNHI (Denpasar), BPTP (Bali), Litbang (Bappeda Kabupaten Bangli), UI (Jakarta), Universitas Trisakti (Jakarta), Dewan Kesenian Jakarta, Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Politeknik Negeri (Jember), Universitas Trunojoyo (Madura), Universitas Sumatera Utara (Medan), dan Litbang Pertanian (Maros-Sulsel).


WhatsApp chat