20
NOV
2016

Mengenang atas Meninggal Dunia Bapak Sistem Dinamik (Jay W. Forester)

jw

Hal yang sangat berduka  bagi System Dynamics Society dimana Jay W. Forrester, Profesor Manajemen Emeritus di MIT, telah meninggal dunia di usia 98 pada 16 November 2016 yang lalu.

Jay mendirikan apa yang saat ini sering disebut Sistem Dynamics pada tahun 1956 dan telah memiliki pengaruh besar pada masa ini sepanjang sejarahnya 60 tahun. Inovator seumur hidup, Jay adalah seorang pelopor dalam komputasi digital dan membantu menciptakan era komputer. Dilatih di bidang teknik listrik, Jay mendatangi MIT pada tahun 1939, dia bekerja pada feedback control servomechanisms selama Perang Dunia II. Setelah perang, Jay diarahkan MIT Digital Laboratorium Komputer, di mana dia memimpin desain dan konstruksi Lesus I, salah satu pertama komputer digital berkecepatan tinggi di dunia. Dia menciptakan dan memegang paten untuk memori inti magnetik, bentuk dominan dari random access memory (RAM) selama beberapa dekade (yang sering digunakan untuk ke bulan oleh astronot Apollo), sampai akhirnya digantikan oleh semikonduktor. Lesus menjadi dasar bagi banyak inovasi, dari peralatan mesin dikontrol secara numerik untuk SAGE, sistem pertahanan udara benua terintegrasi pertama.

Diundang untuk bergabung dengan fakultas dari MIT Sloan School of Management pada tahun 1956, Jay menciptakan bidang Sistem Dynamics untuk menerapkan konsep-konsep rekayasa sistem umpan balik dan simulasi digital untuk memahami apa yang terkenal yang disebut “perilaku berlawanan dari sistem sosial.” Dalam bukunya 1961, Industri Dynamics, menggambarkan pernyataan yang jelas dan relevan filsafat dan metodologi di penerapan dilapangan. buku dan banyak artikel nya merupakan terobosan baru dalam pemahaman kita tentang sistem manusia yang kompleks dan masalah kebijakan. Jay resmi pensiun pada tahun 1989, tapi terus karyanya berlanjut, dengan fokus pada mempromosikan penggunaan Sistem Dynamics di K-12 pendidikan.

John Morecroft (London Business School) menulis “Hidup saya berubah oleh Jay Forrester. Pengaruhnya datang dalam dua cara yang berbeda, dari pertemuan pribadi dan dari lingkungan penelitian yang ia ciptakan sebagai pendiri dan pemimpin System Dynamics Group di MIT Sloan-. Aku menghabiskan satu dekade di MIT, pertama sebagai mahasiswa doktoral dan kemudian sebagai anggota fakultas di Sloan. Jadi ada banyak untuk mengingat. “

Profesor John Sterman, Jay W. Forrester Profesor Manajemen di MIT dan Direktur MIT System Dynamics Group mengatakan “Seperti banyak orang lain, saya beruntung untuk dapat bekerja dengan dan belajar dari Jay. Dia terus-menerus menantang kita untuk berpikir secara mendalam, berbicara dengan jelas, dan bekerja pada isu-isu yang penting, tidak hanya untuk membangun pemahaman, tapi untuk bertindak. Dan dia selalu memimpin dengan contoh. “

Roberta Spencer, Direktur Eksekutif System Dynamics Society, ingat, “Selama percakapan Jay berkata kepada saya ‘mencari cara untuk memiliki keberanian.” Kata Jay ini untuk semua orang-aku membawanya ke hati dan mengubah hidup saya. “

Jay menikah selama enam puluh empat tahun ke Susan (Swett) Forrester, yang meninggal pada tahun 2010. Memiliki anak perempuan, Judith Forrester dari Concord, Massachusetts; dua putra, Nathan B. Forrester dari Boca Grande, Florida, dan Ned C. Forrester dari Falmouth, Massachusetts; empat cucu, Matthew S. Forrester dari Arcadia, CA, Julia D. Forrester dari Bois, ID, Neil T. Forrester dari Torrance, CA, dan Katherine J. Forrester dari Chicago, IL serta dua cucu besar Everett Chen Forrester dan Faraday Chen Forrester, baik dari Arcadia, CA.

Silakan kunjungi halaman web yang didedikasikan untuk Jay dan menulis tentang bagaimana Jay menyentuh hidup Anda. Sebuah obituari dan pemakaman penuh rincian pengaturan akan segera tersedia.

Kunjugi Halaman Berikut

Leave a Reply

*

captcha *