Bogor, 18 Oktober 2019. Bertempat di PS.PSL IPB University pelatihan Sistem Dinamik diadakan. Persiapan yang amat matang dibuat agar acara pelatihan ini berjalan dengan lancar dan sukses diselenggarakan. Dalam acara ini tim dari System Dynamics Center mengundang beberapa narasumber ahli dalam bidang sistem dinamik yaitu Prof. Dr. Bambang Pramudya, M.Eng, Dr. Ir. Hartrisari Hardjomidjojo dan Dr. Irman Firmansyah M.Si serta tim instruktur Dr. (Cand) Casnan, M.Si

Tepatnya pada hari Jum’at, 18 Oktober 2019 hari pertama dalam acara pelatihan sistem dinamik periode VII dimulai. Peserta pelatihan kali ini dihadiri dari beragam lembaga dan instansi dengan total peserta 26 orang. Antusias para peserta dalam mengikuti pelatihan ini dan keingintahuan para peserta dalam mendalami sistem dinamik cukup besar, karena model sistem dinamik dapat diterapkan dalam berbagai bidang maupun aspek.

Di awal acara para peserta dibimbing oleh Prof. Dr. Bambang Pramudya dengan tema “FIlosofi dan Pengantar Sistem Dinamik”. Para peserta mengikuti pembelajaran ini dengan amat baik, dengan perlahan namun pasti Prof. Dr. Bambang Pramudya mengajarkan kepada peserta bagaimana dasar-dasar dan cara kerja sistem dinamik nantinya. Diskusi antara Prof. Dr. Bambang Pramudya bersama para peserta amat menarik, karena ada sebagian peserta yang pada dasarnya kurang memahami sistem dinamik, salah kaprah terhadap sistem dinamik dan sebagainya. Oleh karena itu, Prof. Dr. Bambang Pramudya mengarahkan para peserta pada pemahaman yang benar mengenai Sistem Dinamik.

Pembelajaran dilanjutkan oleh pemateri Dr. Ir. Hartrisari Hardjomidjojo yang akan membawakan materi dengan tema “Skenario Kebijakan dalam Sistem Dinamik”. Dalam pembelajaran kali ini, Dr. Ir. Hartrisari Hardjomidjojo akan memberikan gambaran/visualisasi kebijakan yang akan dialami oleh sebuah sistem dinamik. Ini dilakukan agar dalam menerapkan sistem dinamik berjalan sesuai keinginan serta menyelesaikan masalah dengan mudah.

“Untuk era yang saat ini, Sistem Dinamik sangatlah penting, Sistem Dinamik ini menyelesaikan suatu hal berdasarkan real. Artinya bisa kita berikan kebijakan-kebijakan untuk menyelesaikan masalah tersebut dari waktu kewaktu. Jadi tidak hanya bersifat statis namun juga dinamis dan Sistem Dinamik ini sangat diperlukan untuk hal-hal yang ditangani lebih lanjut” Ujar Salah Satu Peserta Sistem Dinamik

Karena telah memahami dasar-dasar sistem dinamik mulai dari Filosofi dan Skenario. Maka Dari itu, dilajutkanlah pembelajaran oleh pemateri Dr. (Cand) Casnan, M.Si yang akan membawakan materi “penerapan sistem dinamik dalam sebuah aplikasi”. Dalam penerapannya digunakanlah sebuah software yaitu powersim yang akan memberikan sebuah output pengambilan keputusan bagaimana hasil data tersebut dikemudian hari, apakah hasilnya baik atau buruk.

Kemudian dilanjutkan oleh pemateri Dr. Irman Firmansyah M.Si yang akan me-Review pembelajaran Sistem Dinamik mulai dari hari awal hingga akhir, lalu seberapa paham para peserta mengenai Sistem Dinamik. Ini dilakukan karena seiring berjalannya pelatihan ini pasti akan ada berbagai pertanyaan dari para peserta. Maka dari itu Dr. Irman Firmansyah M.Si akan menjelaskan apa yang ditanyakan para peserta mengenai sistem dinamik. Harapannya setelah pelatihan ini usai para peserta dapat menerapkan sistem dinamik di berbagai aspek maupun riset yang akan di teliti.

Dalam rangka transformasi RAD-GRK menuju Perencanaan Pembangunan Rendah Karbon Daerah (PPRKD), pada tanggal 28-31 Oktober 2019 lalu, Sekretariat RAN GRK mengadakan kegiatan Workshop Regional Tengah (seluruh provinsi di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan). Pada workshop ini, Pokja RAD-GRK diberikan pengenalan, pemahaman dan penggunaan alat bantu transformasi RAD-GRK ke PPRK-D (RED CLUW). Acara dibuka oleh Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas, Bapak Medrilzam.
.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan alat bantu penyusunan RPRKD, memperkenalkan cara pengintegrasian kebijakan sektoral yang berdampak pada penurunan emisi gas rumah kaca, pokja RAD-GRK diharapkan mampu melakukan prakiraan dampak aksi mitigasi terhadap ekonomi kewilayahan, melakukan identifikasi sub sektor strategis yang berpotensi untuk penurunan emisi karbon melalui analisa table I-O, mengidentifikasi kebijakan strategis untuk menurunkan emisi GRK dari sub sektor strategis, dan melengkapi pelaporan PEP dan Dokumen Kaji Ulang RAD-GRK melalui Help Desk Sekretariat RAN-GRK.
.
#SekretariatRANGRK#PembangunanRendahKarbon#BappenasRI

14 Oktober 2019, Sekretariat RAN GRK mengadakan kegiatan Workshop Regional Timur (seluruh provinsi di Pulau Sulawesi, Maluku dan Papua) untuk Pokja RAD-GRK dalam Rangka Peningkatan Kapasitas kepada Daerah untuk Transformasi RAD-GRK Menuju RPRKD. Acara dibuka oleh Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas, Bapak Medrilzam.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan alat bantu penyusunan RPRKD, memperkenalkan cara pengintegrasian kebijakan sektoral yang berdampak pada penurunan emisi gas rumah kaca, pokja RAD-GRK diharapkan mampu melakukan prakiraan dampak aksi mitigasi terhadap ekonomi kewilayahan, melakukan identifikasi sub sektor strategis yang berpotensi untuk penurunan emisi karbon melalui analisa table I-O, mengidentifikasi kebijakan strategis untuk menurunkan emisi GRK dari sub sektor strategis, dan melengkapi pelaporan PEP dan Dokumen Kaji Ulang RAD-GRK melalui Help Desk Sekretariat RAN-GRK.
.
Workshop Regional Timur ini berlangsung selama 4 hari hingga tanggal 17 Oktober 2019.
.
#SekretariatRANGRK#PembangunanRendahKarbon#BappenasRI



Bertepatan pada tanggal 3 September 2019, dilaksanakan acara penandatanganan MoU dan kerjasama antara Universitas Negeri Jakarta dengan System Dynamics Center. Penandatanganan ini berlangsung di Executive Lounge IPB University, Baranang Siang. Penandatanganan ini kerjasama pada bidang penelitian, pelatihan, pusat data, dan lisensi software. Bertujuan untuk bersamasama memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kapasitas SDM mulai dari mahasiswa, dosen, peneliti, dan praktisi dalam mendukung penelitianpenelitian tentang Sistem Dinamik. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini ditandatangani oleh Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Ilza Mulyani, M.A dengan Pimpinan System Dynamics Center Dr. Irman Firmansyah, M.Si.

Pada kesempatan itu dibentuk System Dynamics Center di Universitas Negeri Jakarta (SDC-UNJ) yang hadir langsung sebagai penanggung jawab yaitu Prof. Dr. Henita Rahmayanti, MSi, M.A selaku Koordinator Program Studi S2/S3 Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), menyampaikan bahwa “terjalinnya kerjasama dengan System Dynamics Center adalah dalam upaya memenuhi edukasi dan mengoptimalkan pola pikir lingkup akademik Universitas Negeri Jakarta yang ada selama ini. Untuk kedepannya, sarana ini sebagai optimalisasi analisis data untuk keperluan penelitian dengan metode analisis sistem dinamik. Dalam kerjasama ini juga dapat dimanfaatkan oleh Peneliti, mahasiswa dan dosen prodi lain, karena aplikasi metode analisis sistem dinamik tidak terbatas pada satu bidang tertentu”.

Pimpinan (SDC), Dr. Irman Firmansyah menyampaikan “terima kasih atas keinginan Universitas Negeri Jakarta untuk mengembangkan System Dynamics Center di UNJ, sebagai tanggung jawab bersama untuk mengembangkan kualitas riset-riset sistem dinamik di UNJ. Tentu adanya MoU dengan UNJ ini maka seluruh aktifitas SDC regional termasuk pelatihan, khususnya wilayah Jakarta dan sekitarnya akan terfokus di UNJ. Program-program tidak hanya terbatas pada peningkatan kapasitas SDM tetapi juga pembentukan One Portal Repository for System Dynamics Research, RIP (Rencana Induk Penelitian), Menjadikan UNJ Authorized Software serta programprogram System Dynamics lainnya”. Untuk Kedepannya dengan adanya SDC-UNJ ini dapat memanfaatkan data-data yang tersimpan secara historis dari peneliti maupun mahasiswanya, sebagai center big data di UNJ yang terintegrasi dan dapat digunakan mudah oleh kalangan umum.

Bertempat di Laboratorium Komputasi dan Multimedia Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana dilaksanakan Pelatihan Sistem Dinamik dalam dimensi filosofi, teori, dan penerapan (praktik dan studi kasus). Materi Pelatihan meliputi: Sistem Dinamik dan Spasial Dinamik. Pelatihan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana, merupakan tindak lanjut dari kerjasama atas dasar MoU antara Universitas Udayana yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Udayana (Prof. Dr. dr. A. A. Raka Sudewi, Sp., S (K)) dan Pimpinan System Dynamics Center Dr. Irman Firmansyah pada bidang penelitian, pelatihan, pusat data, dan lisensi software. Kerjasama ini bertujuan untuk bersama-sama memenuhi kebutuhan mahasiswa, dosen, peneliti, dan praktisi dalam mendukung penelitian-penelitian tentang Sistem Dinamik. Pelatihan diawali dengan penandatanganan teknis implementasi dari kerjasama antara Koordinator Prodi Agribisnis dan System Dynamics Center (SDC).

Pimpinan (SDC), menyampaikan rasa syukur serta bangga dapat menjalin kerjasama dengan Universitas Udayana, dan menyampaikan kerjasama ini tidak hanya terbatas pada laboratorium, tetapi juga mengembangkan beberapa program yang telah ada pada SDC, seperti: One Portal Repository for System Dynamics Research (satu website untuk kumpulan hasil-hasil penelitian mengenai sistem dinamik) dan program kerjasama bidang penelitian, pelatihan, pusat data serta lisensi software. Lebih lanjut disampaikan, bahwa perkembangan beberapa tahun terakhir dimana kebutuhan akan pendalaman pemahaman dan praktek mengenai Sistem Dinamik sangat tinggi dan pesat dengan penyebaran peserta yang hampir merata dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya kerjasama ini, maka pelatihan-pelatihan dapat langsung diselenggarakan oleh laboratorium Prodi Agribisnis di Kampus Universitas Udayana Denpasar, sehingga mempermudah jangkauan bagi peminat sistem dinamik di Bali dan Kawasan Timur Indonesia. Harapannya peran laboratorium ini juga dapat mempermudah praktik mahasiswa S1, S2, dan S3 dalam MOU UNIVERSITAS UDAYANA analisis data dan mempercepat kelulusannya, khususnya bagi penelitian dengan operasional sistem dinamik. Selanjutnya laboratorium ini dapat dikembangkan terus dengan aplikasi-aplikasi terkait dan terkini sehingga pendalaman sistem dinamik untuk visualisasi pemetaan diperdalam dengan spasial dinamik, agar hasil simulasi lebih komunikatif untuk melihat penggunaan lahan maupun penyebaran berbagai hal dimasa yang akan datang.

Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, MS., dalam sambutan pembukaan pelatihan mengungkapkan “perguruan tinggi termasuk Fakultas Pertanian Universitas Udayana harus selalu membuka mata pada teknologi atau metode analisis yang terus berkembang. Kerjasama dalam optimalisasi laboratorium ini menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas riset kita di bidang sistem dinamik dan analisis pengambilan keputusan lainnya. Dalam kesempatan ini juga saya ingin membuka cara pandang tentang sistem dinamik yang selama ini mungkin dianggap sebagai metode analisis yang sulit. Sistem dinamik sebenarnya merupakan sebuah metode analisis yang cukup fleksibel dan dapat diterapkan pada berbagai bidang, bukan hanya bidang-bidang tertentu. Saya berharap semoga peserta pelatihan juga dapat menepis pemikiran-pemikiran yang menganggap sistem dinamik adalah analisis yang berat, sebenarnya anggapan-anggapan itu muncul karena terbatasnya pemahaman mengenai sistem dinamik. Semoga dengan adanya kerjasama antara Universitas Udayana dan System Dynamics Center ini dapat membantu kita semua untuk lebih memahami sistem dan model dinamik”. dengan adanya kerjasama antara Universitas Udayana dan System Dynamics Center ini dapat membantu kita semua untuk lebih memahami sistem dan model dinamik”.

Pelatihan yang berlangsung tanggal 22-28 Februari 2019 diikuti oleh 24 orang peserta terdiri atas Mahasiswa Pascasarjana (S3), Dosen, Peneliti, dan Praktisi, masing-masing berasal dari: Universitas Udayana, Undiksha (Singaraja), UNHI (Denpasar), BPTP (Bali), Litbang (Bappeda Kabupaten Bangli), UI (Jakarta), Universitas Trisakti (Jakarta), Dewan Kesenian Jakarta, Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Politeknik Negeri (Jember), Universitas Trunojoyo (Madura), Universitas Sumatera Utara (Medan), dan Litbang Pertanian (Maros-Sulsel).


Conference Registration Process: To register and pay online for the conference or for the pre-conference summer school, please go to the Online Conference Registration Form or the Member Landing page. Registrations may also be made by telephone with a credit card, or by submitting the completed Conference Registration Form via fax or post to the address indicated. Upon receipt of the completed registration form and full payment, a confirmation will be sent. You may use this same Online Conference Registration form to register for the summer school without registering for the conference. All attendees, whether presenting or not, must register for the conference. The conference registration fee includes attendance for the registrant at all regular conference functions (all sessions, presentations, workshops and meetings, refreshment breaks, and social program events). Guests of attendees must purchase a Social Program ticket. The Conference Record, including two-page summaries and links to full papers (if provided), will be available after the conference on the Society website.

Conference Cancellation Policy: Any cancellation or change in conference registration must be submitted in writing to the Society office. Cancellations on or before July 11, 2018, are subject to a cancellation fee of 50%. Thereafter, no refund will be given; however, a registration may be transferred to a substitute participant. For more information regarding refund, complaint, and/or cancellation policies, please contact our office at 1 (518) 442-3865.

Member Discounts on Conference Registration Fees: If you are not already a member of the System Dynamics Society, you can join now for the calendar year 2018 as part of your conference registration. Members receive the member discount on the conference registration fee and other member benefits. The System Dynamics Society uses a tiered membership fee structure attuned to income levels.

The table shows the levels of membership fees. Income used in the determination should be your personal gross (before tax) income converted into US dollars at the prevailing rate of currency exchange. You do not need to disclose the amount of your income to the Society. Simply select the level that is appropriate for you and whether or not you wish to receive, in addition to electronic access, printed copies of the System Dynamics Review. Then, add the membership fee to the Conference Registration Form. The System Dynamics Society is open to all individuals.

To participate in the System Dynamics Colloquium event on Monday, please register here.

Whitelist our new address! To ensure you receive email sent from our new website host, please be sure to add sds@memberclicks-mail.net to your contacts!

Source : https://www.systemdynamics.org/registration

jw

Hal yang sangat berduka  bagi System Dynamics Society dimana Jay W. Forrester, Profesor Manajemen Emeritus di MIT, telah meninggal dunia di usia 98 pada 16 November 2016 yang lalu.

Jay mendirikan apa yang saat ini sering disebut Sistem Dynamics pada tahun 1956 dan telah memiliki pengaruh besar pada masa ini sepanjang sejarahnya 60 tahun. Inovator seumur hidup, Jay adalah seorang pelopor dalam komputasi digital dan membantu menciptakan era komputer. Dilatih di bidang teknik listrik, Jay mendatangi MIT pada tahun 1939, dia bekerja pada feedback control servomechanisms selama Perang Dunia II. Setelah perang, Jay diarahkan MIT Digital Laboratorium Komputer, di mana dia memimpin desain dan konstruksi Lesus I, salah satu pertama komputer digital berkecepatan tinggi di dunia. Dia menciptakan dan memegang paten untuk memori inti magnetik, bentuk dominan dari random access memory (RAM) selama beberapa dekade (yang sering digunakan untuk ke bulan oleh astronot Apollo), sampai akhirnya digantikan oleh semikonduktor. Lesus menjadi dasar bagi banyak inovasi, dari peralatan mesin dikontrol secara numerik untuk SAGE, sistem pertahanan udara benua terintegrasi pertama.

Diundang untuk bergabung dengan fakultas dari MIT Sloan School of Management pada tahun 1956, Jay menciptakan bidang Sistem Dynamics untuk menerapkan konsep-konsep rekayasa sistem umpan balik dan simulasi digital untuk memahami apa yang terkenal yang disebut “perilaku berlawanan dari sistem sosial.” Dalam bukunya 1961, Industri Dynamics, menggambarkan pernyataan yang jelas dan relevan filsafat dan metodologi di penerapan dilapangan. buku dan banyak artikel nya merupakan terobosan baru dalam pemahaman kita tentang sistem manusia yang kompleks dan masalah kebijakan. Jay resmi pensiun pada tahun 1989, tapi terus karyanya berlanjut, dengan fokus pada mempromosikan penggunaan Sistem Dynamics di K-12 pendidikan.

John Morecroft (London Business School) menulis “Hidup saya berubah oleh Jay Forrester. Pengaruhnya datang dalam dua cara yang berbeda, dari pertemuan pribadi dan dari lingkungan penelitian yang ia ciptakan sebagai pendiri dan pemimpin System Dynamics Group di MIT Sloan-. Aku menghabiskan satu dekade di MIT, pertama sebagai mahasiswa doktoral dan kemudian sebagai anggota fakultas di Sloan. Jadi ada banyak untuk mengingat. “

Profesor John Sterman, Jay W. Forrester Profesor Manajemen di MIT dan Direktur MIT System Dynamics Group mengatakan “Seperti banyak orang lain, saya beruntung untuk dapat bekerja dengan dan belajar dari Jay. Dia terus-menerus menantang kita untuk berpikir secara mendalam, berbicara dengan jelas, dan bekerja pada isu-isu yang penting, tidak hanya untuk membangun pemahaman, tapi untuk bertindak. Dan dia selalu memimpin dengan contoh. “

Roberta Spencer, Direktur Eksekutif System Dynamics Society, ingat, “Selama percakapan Jay berkata kepada saya ‘mencari cara untuk memiliki keberanian.” Kata Jay ini untuk semua orang-aku membawanya ke hati dan mengubah hidup saya. “

Jay menikah selama enam puluh empat tahun ke Susan (Swett) Forrester, yang meninggal pada tahun 2010. Memiliki anak perempuan, Judith Forrester dari Concord, Massachusetts; dua putra, Nathan B. Forrester dari Boca Grande, Florida, dan Ned C. Forrester dari Falmouth, Massachusetts; empat cucu, Matthew S. Forrester dari Arcadia, CA, Julia D. Forrester dari Bois, ID, Neil T. Forrester dari Torrance, CA, dan Katherine J. Forrester dari Chicago, IL serta dua cucu besar Everett Chen Forrester dan Faraday Chen Forrester, baik dari Arcadia, CA.

Silakan kunjungi halaman web yang didedikasikan untuk Jay dan menulis tentang bagaimana Jay menyentuh hidup Anda. Sebuah obituari dan pemakaman penuh rincian pengaturan akan segera tersedia.

Kunjugi Halaman Berikut

jadwal-listi

Overview
The program committee seeks to popularize and extend systems thinking and System Dynamics modelling in the Asia-Pacific Region by facilitating interactions between practitioners from the region and around the world, introducing newcomers to the field, and keeping practitioners aware of current developments. The conference will emphasize the public policy issues relating to sustainability, resilience, and human wellbeing of particular relevance to the region. Because of the Residential College 4’s sponsorship role, emphasis will also be given to the effective teaching of systems thinking and System Dynamics modelling as a part of general education curricula for upper level secondary school and for first- and second-year undergraduate students.

(more…)

WhatsApp chat